Travellers

Sejarah Gereja Legenda Dari Belanda Untuk Indonesia

Gereja katedral merupakan salah satu warisan yang berasal dari pemerintahan hindia-belanda yang dimulai dengan adanya pengangkatan seorang pastor bernama Nelissen oleh Paus Pius VII di tahun 1807. Pengangkatan tersebut merupakan titik dimulainya sebuah misi ekspansi gereja katolik di Indonesia yang dulunya dikenal dengan nama Nusantara.

Setahun kemudian pastor Nelissen mendaratkan kakinya pada pulau Batavia, kemudian berunding dengan Assmus yang mana merupakan seorang dokter di area tersebut untuk menjalankan misi tersebut.

Sejarah Gereja Legenda Dari Belanda Untuk Indonesia

Singkat cerita pemerintah Batavia menghibahkan sebuah bangunan beserta tanah berukuran 23×8 meter milik gubernur Van Der Parra untuk dijadikan gereja untuk umat katolik. Tidak berselang lama terjadi sebuah bencana yang melanda Batavia, yaitu kebakaran hebat yang mengakibatkan gereja menjadi rusak dan perlunya banyak renovasi. Setelah tragedi tersebut akhirnya umat katolik memperoleh pinjaman tanah beserta bangunan seluas 34×15 meter dengan persetujuan yaitu pembayaran 20 mata uang gulde beserta pelunasan pinjaman senilai 8 gulden dalam kurun waktu yang singkat.

Sayangnya gereja tersebut mengalami cobaan untuk kesekian kalinya yang mengakibatkan perlunya renovasi besar-besaran. Renovasi gereja dimulai setelah terjadinya bencana tersebut dan memakan waktu yang tidak singkat, yaitu 10 tahun untuk membereskan masalah tersebut dan mendapatkan predikat situs warisan budaya pada tahun 1993.

Fakta Menarik Katedral

Katedral memiliki beberapa fakta menarik yang pelu diketahui, berikut ini adalah 3 fakta menarik dari Katedral:

  1. Gereja peninggalan ini begitu memikat hati para pelancong dengan ciri khas bangunan dan ornamen yang begitu antik. Aroma arsitektur dan ornament eropa pada seluruh inci bangunan sangat pekat.
  2. Sejarah misa di Batavia untuk pertama kalinya. Dimulai pada tahun1808 dan dilakukan secara terbuka.
  3. Pastor katolik yang datang pertama kali meninggal di tahun 1817.

Pemerintah telah memutuskan untuk menjadikan gereja tersebut sebagai salah satu destinasi wisata dengan mengacu pada minat para pelancong untuk mengeksplor dan mempelajari sejarah gereja katedral lebih lanjut dan lebih dalam. Oleh karena itu untuk para agen sewa bus pariwisata Jakarta telah menyusun sebuah prosedur guna memenuhi dan menuruti keinginan para pelancong dengan sebuah program paket pariwisata kota lama.

Dengan adanya program dari para agen sewa bus pariwisata Jakarta dari http://mustikaholiday.id/ akan memudahkan anda mendapatkan segala macam informasi yang berkaitan dengan sejarah gereja yang satu ini. Destinasinya pun tidak hanya berhenti pada gereja katedral saja, tetapi masih banyak destinasi lainnya yang berakaitan dengan sejarah kota lama.