blog

Masjid Pintu Seribu, Wisata Religi Umat Muslim Di Tangerang

Masjid Pintu Seribu, Wisata Religi Umat Muslim Di Tangerang

Masjid adalah daerah suci bagi umat islam. Hampir semua kota yang ada di indonesia memiliki masjid. Beragam masjid memiliki keunikan tersendiri malahan beberapa masjid diciptakan sebagai tujuan tamasya religi bagi beberapa orang. Masjid nurul yaqin adalah sebuah masjid yang menjadi salah satu tujuan para penikmat tamasya religi. Masjid nurul yakin adalah masjid yang dipakai sebagaimana masjid awam seperti untuk shalat mengaji dan aktivitas ibadah lainnya. Tempat tersebut juga masih beroperasi hingga sekarang ini.

Masjid nurul yakin berada di jalan kampung bayur, priuk jaya, tangerang, banten. Masjid ini telah memiliki usia yang tua sebab dibangun sekitar tahun 1978. Pendiri masjid ini adalah syekh al bakhir mahdi. Bangunan yang telah tua nampak dari beberapa sisi masjid yang catnya telah mulai terkelupas. Beberapa sisi masjid nampak tumbuh rumput liar sehingga menambah kesan tua dan kurang terawat. Meski demikian, masjid ini nampaknya memiliki energi tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Keunikan masjid nurul yakin

Sekilas masjid ini memang sama seperti masjid-masjid lain. Namun, sekiranya dipandang lebih seksama, masjid ini memiliki beberapa keunikan yang tidak dimiliki banyak masjid di indonesia. Salah satu keunikan masjid ini adalah jumlah pintu yang betul-betul banyak. Konon jumlah pintu masjid berjumlah seribu. Banyaknya jumlah pintu memiliki makna bahwa demikian itu banyak jalan kehidupan yang dilewati manusia melainkan muaranya tetaplah satu adalah akhirat.

Saat berjalan menjelang masjid, kita akan menemui banyak lorong dimana setiap lorong tertulis angka 999. Angka 999 adalah penggabungan dari 99 nama allah atau asmaul  ul husna dan 9 wali. Wali songo ini adalah orang yang berakibat penting dalam menyebarkan agama islam di tanah jawa.

Masjid ini dapat dikunjungi dan dibuka oleh pelancong dari beraneka daerah. Supaya perjalanan lebih mudah sebaiknya pengunjung menggunakan sewa bus pariwisata jakarta timur .

Bagi para pengunjung sebaiknya membawa penerang sebab lorong masjid agak gelap. Saat pengunjung mulai menjelang masjid, mereka akan menemukan daerah shalat. Tempat shalat terbagi menjadi dua adalah daerah shalat wanita dan daerah shalat pria. Tempat shalat wanita memiliki ukuran yang kecil sekitar 2×5 meter persegi saja. Tempat shalat pria lebih kedalam lagi dengan ukuran yang lebih luas.

Terdapat sebuah makam alfaqir dan terdapat gambar syekh abdul qadir jailani dengan dikalungi tasbih besar berwarna kuning. Dua benda ini berada di dalam masjid tepatnya dekat dengan daerah shalat laki-laki. Bila pengunjung akan datang secara rombongan sebaiknya memanfaatkan sewa bus pariwisata di tangerang agar mengurangi ruang parkir yang akan dipakai. Masjid ini untuk mengantisipasi pengunjung kekurangan daerah parkir pada ketika mengunjuni masjid nurul yaqin atau lebih terkenal dengan sebutan masjid pintu seribu.