Interior

Manfaatkan Beragam Pintu Lipat Untuk Hunian Pribadi Anda

Pintu lipat atau dikenal juga dengan nama folding door sudah cukup sering dipakai untuk berbagai kebutuhan, mulai untuk sekat ruang kantor, rumah sakit ataupun ruang kelas. Desainnya yang praktis dan harganya yang ekonomis membuat pintu yang satu ini cukup diminati. Sesuai dengan namanya, pintu ini dioperasikan dengan cara melipatnya ke arah samping. Agar mudah dibuka, pintu ini biasanya menggunakan roda kecil dan rel yang membuat dorongan menjadi lebih ringan.

Saat ini penggunaan pintu lipat tidak hanya terbatas untuk bangunan-bangunan komersial saja, melainkan pintu ini juga bisa dijadikan pilihan pintu untuk rumah Anda. Selain itu, ukuran pintu lipat juga dapat menyesuaikan dengan besar dan bentuk rumah. Jadi, Anda tidak perlu khawatir ukuran pintu tidak sesuai dengan area rumah.

Jenis Pintu Lipat yang Cocok Untuk Area Rumah

Siapa sangka pintu lipat alias folding door juga cocok dipakai untuk hunian pribadi. Berbagai jenis pintu lipat bisa dimanfaatkan pada berbagai area rumah. Mau tahu jenis pintu lipat apa saja yang cocok diaplikasikan untuk ruangan di rumah Anda? Berikut informasi lengkapnya.

  1. Pintu Lipat Besi Untuk Garasi

Pintu Lipat Besi Untuk Garasi

Garasi biasanya membutuhkan ruang yang luas. Akses masuk sebuah garasi harus cukup besar, sehingga bisa memuat sebuah mobil dan benda-benda berukuran besar lainnya. Itulah mengapa garasi membutuhkan pintu yang besar. Agar tetap efisien dan tidak memakan banyak tempat, maka pintu lipat bisa menjadi pilihan utama untuk garasi rumah. Dengan desain yang praktis, pintu ini dapat dilipat menjadi satu dan menghemat banyak ruang. Untuk menjaga keamanan kendaraan dan barang-barang dari bahaya pencurian, maka bahan yang digunakan untuk pintu garasi pun harus bahan yang kuat. Salah satu material pintu garasi yang cukup populer adalah besi.

Saat ini, pintu lipat besi yang minimalis dan simpel menjadi desain pintu favorit. Besi memiliki tingkat kepadatan yang lebih besar dibanding dengan jenis material lainnya. Hal itu membuat pintu garasi besi tidak hanya terlihat menarik, tetapi juga lebih tahan lama dan tidak cepat rusak.

  1. Pintu Lipat PVC Sebagai Partisi

Pintu Lipat PVC Sebagai Partisi

Pintu lipat sebagai partisi? Mengapa tidak? Luas rumah yang terbatas tidak lagi menjadi penghalang untuk mendapatkan ruangan dengan privasi yang cukup. Anda tidak perlu membangun dinding permanen sebagai pembatas, cukup dengan pintu lipat ruangan pun dapat terbagi secara sempurna. Salah satu jenis pintu lipat yang cocok untuk dijadikan partisi pada rumah adalah pintu lipat PVC. Pintu yang terbuat dari bahan Polyvinyl Chloride ini tahan air dan tahan rayap. Tidak hanya itu, pintu lipat berbahan PVC juga memiliki beragam warna dan motif yang bisa menambah nilai estetis ruangan. Pintu ini sangat cocok digunakan pada rumah minimalis. Jika suatu saat terdapat acara yang membutuhkan ruangan luas, Anda hanya perlu membuka pintu lipat PVC ini dan ruangan pun terlihat jauh lebih luas. Setelah acara selesai, pintu bisa ditutup dan ruangan dapat terpisah kembali dengan partisi.

Baca juga: Delapan Langkah Amankan Toko!

  1. Pintu Lipat Kaca Untuk Memberi Kesan Luas

Pintu Lipat Kaca Untuk Memberi Kesan Luas

Tidak ingin ruangan terlihat sempit? Pintu lipat berbahan kaca bisa dimanfaatkan untuk memberikan ilusi ruang pada rumah. Karena terbuat dari kaca yang tembus pandang, maka permukaan pintu tidak akan mengurangi jarang pandang. Anda masih bisa melihat keadaan ruangan sebelah dengan jelas tanpa harus membuka pintu. Pintu lipat kaca juga dapat menghemat penggunaan listrik. Berkat sinar matahari yang masuk, pada siang hari ruangan sudah terlihat terang tanpa bantuan lampu sekalipun. Pintu lipat berbahan kaca dapat dimanfaatkan untuk area ruang tamu atau sebagai pintu akses menuju halaman belakang. Dengan begitu, Anda masih bisa menikmati hijaunya kebun halaman belakang dari dalam rumah.

Comments Off on Manfaatkan Beragam Pintu Lipat Untuk Hunian Pribadi Anda