Tips & Trik

Inilah 4 Ciri Template Blogger SEO Friendly Yang Anda Butuhkan

Faktor yang paling menentukan keberhasilan blog maupun website adalah penggunaan teknik Search Engine Optimization (SEO). Dengan mengaplikasikan teknik tersebut, blog yang Anda kelola dapat menempati halaman utama pada hasil pencarian mesin pencari seperti Google. Dengan begitu, peluang untuk mendapatkan pengunjung dengan jumlah yang banyak menjadi semakin besar.

Template blogger SEO friendly merupakan template yang banyak digunakan dan sangat dibutuhkan oleh para pemilik blog. Karena template tersebut akan memudahkan si pemilik blog untuk dapat menempatkan halamannya pada halaman utama hasil pencarian Google. Maka, Anda perlu cermat dalam menggunakan template. Sukses atau tidaknya blog Anda sangat dipengaruhi oleh sebuah template.

Inilah 4 Ciri Template Blogger SEO Friendly Yang Anda Butuhkan

Ciri – Ciri Template Blogger SEO Friendly

1. Menggunakan Tag H1 Pada Setiap Judul Artikel

Salah satu ciri template blogger SEO yang paling mudah diidentifikasi adalah dengan melihat apakah setiap judul artikel yang telah Anda buat secara otomatis menggunakan tag H1. Jika dalam suatu halaman blog yang Anda miliki tidak terdapat tag H1 atau bahkan lebih, berarti template yang Anda gunakan belum SEO friendly.

2. Ringan Dan Cepat

Page speed atau kecepatan halaman menjadi salah satu bagian yang paling penting dalam SEO. Blog yang memiliki kecepatan buruk dan berat akan mendapat penilaian buruk dari Google. Sehingga akan sulit untuk mencapai halaman utama hasil pencarian. Namun Anda tak perlu khawatir karena ada cara untuk mengetahui bagaimana kecepatan yang dimiliki blog Anda.

Kunjungi saja web Page Speed Inshights atau web GT Metrix. Pastikan kecepatan blog Anda memiliki performa dengan skor yang berada di antara 90 sampai 100. Jika kecepatan blog Anda berada di luar angka tersebut, maka Anda harus melakukan evaluasi secara keseluruhan. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan dan melakukan pengaturan ulang pada template supaya dapat menjadi template blogger SEO.

3. Navigasi Yang Jelas

Navigasi yang bagus biasanya menunjukan breadcrumbs, yaitu link internal yang berada di atas judul tulisan. Breadcrumbs memiliki bagian link yang terhubung ke halaman utama (home), halaman label (label pages), dan judul tulisan. Selain itu, navigasi menu yang friendly biasanya dapat ditemui di bawah header atau berada di samping nama blog dengan tampilan yang sangat jelas. Navigasi yang baik tentunya akan membantu pengunjung menemukan konten yang ingin dibacanya.

4. Tidak Terdapat Duplikat Konten

Duplikat konten mungkin saja terjadi ketika mesin pencari menemukan beberapa alamat URL dalam suatu blog dengan penulisan yang berbeda namun masih merujuk halaman sama. Artinya, meskipun alamat URLnya berbeda, halaman yang dituju masih itu – itu saja. Jika hal seperti ini sampai terjadi, maka mesin pencari akan menilainya sebagai duplikat konten dan sangat tidak menyukainya.

Hal semacam ini memang mungkin saja terjadi dan terkadang tak bisa dihindari. Namun tenang saja karena masih ada solusinya. Saat Anda melakukan pengaturan pada template blogger SEO, tambahkanlah link ‘rel=canocial’ pada setiap URL yang menuju halaman originalnya. Cara seperti ini bisa dilakukan supaya tidak dianggap duplikat konten oleh mesin pencari seperti Google. Namun, sepertinya teknik seperti ini hanya dapat dilakukan jika blog Anda sudah memiliki kode ‘canonical’.

Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah blog yang Anda miliki sudah dipasang rel canonical atau belum. Misalnya dengan membuka salah satu halaman blog, kemudian klik kanan pada menu yang ditampilkan, lalu pilih menu ‘Lihat Kode Sumber Halaman’ atau ‘View Source Code’ dalam bahasa Inggrisnya. Setelah itu, cari ‘canonical’pada struktur kode yang ditampilkan. Jika Anda dapat menemukannya, berarti template yang Anda gunakan adalah template blogger SEOfriendly