Tips & Trik

Ingin Memasang Epoxy Lantai? Kenali Dulu Keunggulan dan Jenis-Jenisnya

Keunggulan Epoxy Lantai

Epoxy merupakan material bangunan yang masing asing di telinga masyarakat luas, namun begitu pemakainya juga tidaklah sedikit. Epoxy merupakan bahan kimia sejenis resin yang melewati proses kimiawi epoksida dan polimerisasi yang umumnya digunakan untuk merekatkan, coating, dan tahan terhadap suhu tinggi.

Dalam aplikasinya, epoxy kerap dicampur dengan bahan lain seperti bahan pengeras yang akan memadatkan cairan, membuatnya menjadi tahan terhadap suhu tinggi, berbagai reaksi kimia, dan waterproofing coating.

Epoxy banyak diaplikasikan kepada bermacam-macam benda seperti kayu, plastik, kaca, lantai beton, logam, baja dan lain sebagainya. Adapun yang akan diulas dalam artikel ini adalah epoxy lantai.

Keunggulan Epoxy Lantai

Epoxy lantai memiliki berbagai macam keunggulan, di antaranya: tahan terhadap suhu tinggi, tahan dilintasi roda baja, tahan terhadap reaksi kimia, tahan goresan, anti slip dan debu, mudah diaplikasikan dan dirawat, waterproofing coating atau anti air, memantulkan cahaya dan mengkilap.

Jenis-Jenis Epoxy Lantai

Epoxy lantai memiliki berbagai macam jenis berdasarkan sistem pemasangan. Jenis-jenis tersebut antara lain:

1. Mortar

Epoxy ini merupakan epoxy terkuat dibandingkan dengan jenis epoxy lainnya. Hal ini dikarenakan epoxy lantai terdiri dari 100% padatan epoxy kemudian dicampur dengan pasir silika atau pasir kuarsa. Karena epoxy jenis ini sangat kokoh, epoxy ini dapat tahan dengan berbagai gesekan, reaksi kimia dan suhu yang tinggi. Aplikasi epoxy ini biasanya setebal 3 – 10 mm, mampu memperbaiki lantai berlubang, maeratakan lantai beton yang tidak rata, dan cocok diaplikasikan di area yang kerap dilewati forklife.

2. Quartz-filled

Hasil dari epoxy ini akan menghasilkan lantai yang dekoratif, tahan lama, anti slip, dan sanitatif. Sangat cocok diaplikasikan ke ruangan-ruangan yang membutuhkan nilai-nilai dekoratif dan fungsional seperti sanitasi, contohnya lantai kamar mandi. Epoxy ini merupakan kombinasi epoxy polimer dan pasir kuarsa berwarna.

3. Self leveling

Epoxy ini berfungsi untuk memperbaiki lantai, karenanya tidak dapat diaplikasikan di lantai beton yang masih baru. Epoxy ini baru dapat diaplikasikan di lantai beton yang sudah lama bahkan memiliki keretakan untuk mempecantiknya kembali.

Self leveling hadir dalam variasi warna sehingga cocok untuk ruangan yang memerlukan estetika warna lantai atau untuk memisahkan satu dan lain fungsi ruangan tanpa tembok, tapi menggunakan lantai yang memiliki warna yang berbeda.

4. Anti-static

Epoxy ini sangat cocok diaplikasikan di lingkungan kerja, khususnya yang berkutat dengan kelistrikan dan benda-benda yang mudah terbakar. Hal ini dikarenakan lantai epoxy ini mampu menetralkan aktivitas statis.

5. Flake

Epoxy jenis ini merupakan epoxy yang menaburkan serpihan berupa chip-chip di atas lantai epoxy yang masih basah. Serpihan ini memiliki karakter yang sedikit kasar sehingga lantai yang dihasilkan nantinya memiliki keunggulan anti licin dan anti slip. Epoxy ini sangat cocok diaplikasikan di ruangan-ruangan yang banyak terpapar air.

Selain itu, serpihan yang tersedia pun memiliki beragam warna sehingga Anda dapat memilih sesuai kesukaan Anda.