Cara Mengatasi Jilid Hard Cover Rusak
Service

Jilid Hard Cover Rusak? Begini Cara Mengatasinya

Kini banyak sekali orang yang membuka jasa penjilidan, karena sangat dibutuhkan oleh mahasiswa dan mahasiswi untuk mengerjakan tugas. Nah, salah satu model penjilidan yang sering diminta adalah hard cover. Di mana biasanya penjilidan seperti ini digunakan untuk tugas akhir atau yang sering kita sebut skripsi.

Namun sayangnya, jilid hard cover tersebut terkadang menimbulkan masalah. Seperti rusak akibat jilidan harus dibongkar atau lemnya lepas. Padahal harga jilid hard cover tidak murah, lho. Nah, bagi kalian yang merasakan hal serupa ada beberapa tips untuk mengatasinya. Yuk simak ulasannya berikut.

Melepas cover sendiri agar tak terjebak harga jilid hard cover yang mahal

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah melepas cover dari kertasnya. Kalian bisa kok melepasnya sendiri, namun dengan trik tertentu agar tidak merusak bagian dalamnya. Pertama-tama, lipat dua halaman pertama dan terakhir dari isi buku. Kemudian, pegang ujung dari cover dan kertas dari isi buku dengan kuat dalam posisi setengah terbuka.

Kalau sudah, buka selebar-lebarnya dengan perlahan, namun tetap menahan kedua ujung kertas sampai lem cover dan isi terlepas. Jika telah terlepas, bersihkan sisa lem yang masih menempel pada punggung kertas.

Merapikan ulang jahitan pada kertas

Cara Mengatasi Jilid Hard Cover Rusak

Sudah menyelesaikan tahap pertama? Yuk lanjut ke langkah kedua. Rapikan jahitan yang menempel pada kertas. Caranya, tarik jahitan ke belakang lalu kaitkan di bagian atas dan bawah agar tidak longgar. Kalau kalian kesulitan melakukannya, tarik benang ke bagian belakang supaya tumpukan kertas menjadi lebih rapat. Untuk benang yang digunakan, bisa memakai benang biasa, tapi dibuat dengan dua lapisan supaya lebih kuat.

Waktunya lem cover pada kertas

Cara Mengatasi Jilid Hard Cover Rusak

Apabila sudah beres dalam merapikan jahitan, waktunya lem cover pada kertas. Tapi, disarankan menggunakan lem kayu agar lebih kuat. Cara pengelemannya adalah ambil sedikit-sedikit dan oleskan pada punggung kertas. Namun, lem juga wajib dioleskan sampai dengan lipatan-lipatan kertas agar tidak mudah terlepas. Untuk penerapannya, letakkan tumpukan kertas pada alas yang rata. Jangan lupa juga berikan beban di atas cover agar kertas bisa dipress, sehingga lem dapat menempel sempurna.

Jadi, itulah cara untuk memperbaiki jilid hard cover yang mengalami kerusakan. Dengan cara ini, kalian tidak terjebak harga jasa jilid hard cover yang mahal. Bagaimana, kalian ingin mencoba cara ini di kemudian hari?

Comments Off on Jilid Hard Cover Rusak? Begini Cara Mengatasinya