Interior

Cara Menangani Sinar Matahari yang Terlalu Mencolok di Rumah

Sekarang ini Bumi sudah semakin panas dan kita sebagai manusia yang tinggal di Bumi harus ikut membantu mengurangi panasnya Bumi. Salah satunya dengan mengurangi konsumsi energi listrik yang meski hanya sedikit pun akan berpengaruh. Mulai dari hal simpel saja, selalu mematikan lampu saat tidak digunakan atau saat siang hari. Kalian bisa banget menggunakan cahaya alami dari jendela yang lebar agar bisa masuk menyinari ruangan di rumah.

Cara Menangani Sinar Matahari yang Terlalu Mencolok di Rumah

Sinar matahari bisa mengurangi kelembaban dan membunuh kuman maupun jamur yang mungkin bisa muncul di rumah kalian jika tidak menerima cukup cahaya matahari. Maka itu, membiarkan sinar mentari masuk melalui jendela yang lebar adalah salah satu solusi yang tepat untuk mengurangi energi listrik.

Penanganan Sinar Matahari yang Mencolok Dengan Tirai Gulung

Lalu, bagaimana jika cahaya matahari yang masuk terlalu mencolok? Memang, jendela yang lebar akan memasukkan lebih banyak cahaya matahari. Tidak hanya mendapatkan cahaya terang benderang yang terkadang justru menyakitkan mata, cahaya matahari yang masuk lewat jendela bisa membuat ruangan di rumah justru panas.

Demi mengurangi energi listrik sekaligus menghindari efek negatif sinar matahari, ada satu solusi yang bisa kalian terapkan. Solusi tersebut adalah dengan menggunakan penutup jendela yang tepat untuk keadaan seperti ini, yaitu dengan menggunakan roller blind.

Bisa Mengurangi Cahaya yang Terlalu Mencolok

Apa itu roller blind dan mengapa harus benda satu ini? Benda ini biasa juga disebut dengan tirai gulung. Nah, tirai gulung ini berbeda dengan gorden pada umumnya yang ada di kebanyakan rumah. Penutup jendela satu ini memiliki jenis-jenis kain yang bermacam-macam yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian.

Beberapa jenis kain untuk tirai gulung yang cocok untuk rumah kalian adalah kain Dimout yaitu kain yang bisa membiarkan cahaya matahari masuk tetapi juga menahannya agar tidak terlalu mencolok. Dengan tirai gulung berbahan kain Dimout, kalian bisa menghemat energi listrik dengan menggunakan cahaya alami tetapi cahaya tersebut tidak mencolok, nyaman di mata, juga tidak menimbulkan rasa panas yang berlebihan.

Memiliki Kelebihan Dibandingkan dengan Gorden Biasa

Roller Blind

Selain bisa menahan cahaya yang masuk, masih banyak lagi kelebihan yang bisa dirasakan jika menggunakan tirai gulung untuk rumah kalian. Biasanya gorden pada umumnya ada bagian dengan corak hias dilapisi dengan kain transparan juga memerlukan pipa, rel, hook atau roda. Lain lagi dengan tirai gulung yang hanya membutuhkan bahan yang lebih sedikit dan simpel. Pemasangannya pun juga tidak membutuhkan waktu lama, apalagi harga juga biasanya cukup terjangkau.

Untuk menjaga kebersihan tirai gulung, kalian cukup menyedotnya dengan penyedot debu tanpa harus dilepas dan dicuci seperti gorden pada umumnya. Cara pengoperasiannya pun mudah. Jika biasanya membuka dan menutup gorden membutuhkan tenaga lebih untuk menyingkap, apalagi kalau gorden lebar mengikuti jendela yang juga lebar. Nah, tirai gulung cukup dioperasikan dengan menarik tali atau rantai yang telah tersedia. Hanya dengan begitu, tirai sudah bisa terbuka dan tertutup dengan cepat dan mudah.

Selain fungsi untuk mengurangi cahaya yang terlalu mencolok, tirai gulung juga bisa makin memperindah ruangan kalian lho. Kalian bisa memilih tirai gulung dengan corak yang kalian suka. Bahkan, jika menggunakan kain putih polos biasa pun, tetap bisa mendukung kecantikan ruangan kalian, terlebih jika rumah kalian mengusung tema minimalis.

Comments Off on Cara Menangani Sinar Matahari yang Terlalu Mencolok di Rumah